Teknorus.com – Air memiliki perspektif yang unik. Karakternya sangat menarik untuk diabadikan. Air di sungai, danau atau kolam, selalu menarik perhatian. Memotret objek di dalamnya tentu sangat unik. Berikut tipsnya.

Baca juga : Gambar keren

Pilih waktu tepat. Untuk memotret pantulan air, cahaya sangat menentukan. Waktu terbaik adalah pagi (matahari terbit) atau sore (matahari terbenam). Saat itu, kilauan cahaya tak terlalu kuat.

Pakai kecepatan berbeda. Meski kamera ponsel otomatis mengatur kecepatannya, ada aplikasi mempercepat atau memperlambat pemotretan. Untuk memotret aliran air yang lembut, kamera diperlambat, agar tampak seperti kabut. Bisa pakai aplikasi Slow Shutter Cam (iPhone) atau Speed Shutter (Android). Jika ingin memotret deburan air di pantai, kecepatan kamera harus ditingkatkan dan waktu bukaan kamera diturunkan. Dengan kecepatan tinggi, butiran air terkecil yang terciprat ke udara bisa terekam.

Cari lokasi yang tepat. Untuk memotret pantulan objek di air, seperti danau atau kolam, yang terbaik adalah di bagian air yang terlindung dari angin. Angin kecil sudah bisa merusak pantulan air, dan merusak hasil foto.

Masukkan elemen visual yang menarik. Saat memilih objek apa yang ingin dimasukkan ke dalam foto, pastikan sudah memilih objek yang menarik mata, seperti batu yang menjorok ke laut, atau rumah yang sejajar danau.

Rencanakan pemotretan. Rencanakan angle dan titik yang tepat di lokasi nantinya. Lebih baik datang lebih cepat agar ketemu sudut sempurna.

Pastikan garis lurus. Saat memotret air, mestinya ada kaki langit di dalam foto. Sebaiknya foto dibidik lurus dengan garis kaki langit.

Jangan pakai ­flash. Cahaya nya akan memantul dan merusak hasil foto.

Mendekatlah. Saat ada sesuatu atau seseorang meloncat ke air, dekatilah agar tiap detil cipratan air terekam. Pastikan ponsel terlindungi dari air.

Pakai casing anti air. Foto bawah air punya perspektif unik. Lengkapi dengan casing tahan air.

Potret dari air. Kita perlu berada di tengah air, entah dengan perahu, di dermaga atau cara lain, untuk mendapat sudut pandang yang unik. Biasanya, foto diambil dari pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *